KBM di Halaman…

KBM

Pembelajaran yang menyenangkan tidak hanya dapat dilakukan di kelas. Halaman sekolah pun bisa menjadi alternatif untuk menggugah semangat belajar siswa agar tidak bosan dan jenuh saat menerima materi dari guru. Bahkan dengan belajar di luar ruangan, siswa semakin terasah kemampuannya dalam bekerja sama dan beradaptasi dengan lingkungan terbuka. Seperti yang dilakukan oleh SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto, halaman yang luas dan rindang dimanfaatkan oleh siswa siswi kelas 1 untuk praktek bersama membuat jajanan sehat yang penuh gizi. Untuk materi tersebut disesuaikan dengan kegiatan Masa Orientasi Siswa yang memasuki pekan kedua.

Dalam kegiatan ini para siswa diajak untuk berdiskusi tentang berbagai bahan yang digunakan beserta kandungan gizi di dalamnya. Beberapa siswa menyebutkan tentang roti tawar yang mengandung vitamin B dan baik untuk pertumbuhan tulang serta mengandung serat. Bahan lain berupa selada, siswa pun mampu menyebutkan beberapa kandunngan vitaminnya, yaitu vitamin A dan K, serta mengandung serat. Ada juga tomat yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat diperlukan oleh badan. Bahan lainnya adalah keju dan mayonnaise. Keju banyak mengandung protein, kalsium, dan mineral. Sedangkan mayonnaise yang mengandung beberapa lemak sangat bermanfaat untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K yang dikenal sebagai lemak vitamin yang larut. Beberapa bahan makanan yang sudah disediakan tersebut kemudian dibagikan kepada siswa yang telah membuat kelompok-kelompok kecil. Setelah mengetahui manfaat dan kebaikannya, kegiatan selanjutnya adalah meraciknya menjadi makanan sehat yang nikmat. Para siswa dengan bantuan guru lalu membuat sandwich yang merupakan salah satu makanan favorit anak-anak karena sarat akan gizi dan rasanya yang lezat.

“Kegiatan pembelajaran di luar kelas memang kerap kita lakukan agar siswa ada suasana baru dan makin terbiasa belajar bekerjasama. Ketika guru dan siswa praktek membuat sesuatu, maka akan lebih bermakna saat dilakukan di luar kelas,” ungkap Siti Puji Yunianti selaku Wakil Kepala Sekolah Kelas 1. Setelah selesai membuat sandwich, kegiatan selanjutnya adalah makan bersama. Dalam sesi ini pun siswa terus diigatkan tentang adab makan yang baik, antara lain membaca basmalah, makan sambil duduk, dan tidak berbicara saat makan.

Siswa pun sangat antusias mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Juli 2019 tersebut. Hal itu terlihat dari keaktifan mereka saat diskusi, saat meracik, dan saat menikmati hasil olahan mereka sendiri. Bahkan saat memuang sampah pun mereka lakukan dengan tertib dan penuh tanggung jawab. Halaman sekolah pun kembali bersih saat selesai kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *