PENERAPAN KONTEKSTUAL LEARNING BAGI SISWA

JUM’AT, 15 Februari 2019, siswa-siswi level 1 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto mengikuti kegiatan outdoor study di taman wisata The Forest Island Purwokerto. Kegiatan outdoor study kali ini mengambil tempat di The Forest Island Purwokerto karena disesuaikan dengan tema 6 yaitu “Lingkungan Sehat, Bersih, dan Asri”. Selain berenang, para siswa diajak untuk mengamati tumbuhan dan lingkungan sekitar dengan tujuan agar siswa mempunyai pemahaman yang konkret tentang lingkungan yang sehat, bersih, dan asri sehingga materi pelajaran mudah diterima.

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Ustadzah Siti Puji Yunianti,  selaku wakil kepala sekolah level 1. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan senam bersama, hal ini bertujuan sebagai pemanasan sebelum siswa melakukan kegiatan berenang. setelah itu, siswa dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama dimulai pukul 8 sampai 9 pagi, siswa putri melakukan kegiatan berenang dengan diawasi oleh walas dan siswa putra melakukan kegiatan create and observing bersama dengan asisten walas.

Pada kegiatan create atau mencipta, siswa secara berkelompok diminta untuk membuat maket atau miniatur lingkungan yang bersih, sehat, dan asri. Siswa menggunakan alat dan bahan yang terdiri atas kertas cover, plastisin, dan tusuk gigi. Hal ini bertujuan untuk merangsang kreatifitas anak dalam memvisualisasikan objek yang terdapat pada lingkungan yang sehat, bersih, dan asri.

Setelah itu, siswa secara individu mengerjakan worksheet tentang pengamatan tumbuhan dan lingkungan sekitar (observing). Dengan dampingan asisten walas, siswa mengamati tumbuhan dengan antusias dan penuh rasa ingin tahu. Hal ini bertujuan agar siswa mampu menyebutkan nama tumbuhan, ciri-ciri, dan menggambarkannya secara sederhana. Setelah mengamati tumbuhan, kegiatan dilanjutkan dengan mengamati lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan agar siswa memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Kegiatan outdoor study berakhir pukul 10 pagi. Dalam kegiatan yang berlangsung kurang dari 4 jam itu, diharapkan siswa bukan hanya bermain tetapi juga belajar. Karena, belajar bisa dilakukan dimana saja tidak harus di dalam kelas. Belajar bukan hanya bersumber dari buku dan bermodal pena, tetapi belajar juga dapat bersumber dari lingkungan dan tumbuhan di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *