Manasik Haji..

Haji

 

SABTU pagi (19/1/19), suasana di sekitar lapangan Pelopor, Purwokerto tampak ramai dibanjiri oleh 700 peserta kegiatan manasik haji yang diselenggarakan oleh SD AL Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Peserta kegiatan manasik haji ini adalah siswa-siswi level 1 SD Al Irsyad 02 dan TK se-Kabupaten Banyumas. Seluruh peserta yang hadir tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan senyum ceria seluruh peserta manasik haji saat mulai datang dan memasuki pelataran lapangan pelopor .

Menumbuhkembangkan pengetahuan tentang rukun islam dan memperkenalkan ibadah perlu dilakukan sedini mungkin. Menyadari pentingnya hal tersebut, level 1 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto pun mengadakan kegiatan manasik haji dengan tema “Tumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini”.

“Kegiatan manasik haji ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh sekolah untuk menanamkan kepada siswa sejak dini tentang ibadah haji. Supaya mereka memiliki pengetahuan dan memahami praktek ibadah haji dengan benar,” ungkap Siti Puji Yunianti, S.E, wakil kepala sekolah Level 1.

Kegiatan di awali dengan pembacaan ayat suci Al Quran surah An-Najm oleh ananda Elan Januar Bena Alkindi. Acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Ketua Harian LPP, Kepala Sekolah SD Al Irsyad 02 Purwokerto, dan perwakilan Kepala Sekolah TK yang diwakili oleh ibu Titi Sumarni,S.Pd.AUD.

Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan tata cara manasik haji oleh Ustad Ibnu Rochi, Lc. Semua peserta tampak bersemangat  dan ceria mendengarkan penjelasan yang disampaikan secara menarik  oleh Ustadz Ibnu Rochi. Doa-doa yang dipanjatkan membuat semua peserta yang hadir sangat khidmat dan benar-benar ingin sampai di Baitullah.

Penjelasan manasik haji selesai dilakukan, peserta manasik haji pun siap diberangkatkan sesuai dengan kloter masing-masing. Pada acara manasik kali ini terdapat 9 kloter yang akan diberangkatkan dengan masing-masing pemimpin barisan.  Peserta manasik haji berangkat dari miqot untuk melakukan tawaf selama 7 kali. Kemudian dilanjutkan dengan minum air zam-zam sekaligus istirahat sejenak.  Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan sai dari Safa ke Marwa sebanyak 7 kali. Kemudian dilanjutkan dengan beristirahat sejenak dengan makan kurma serta melakukan beberapa aktivitas di musdalifah.  Kegiatan di msudalifah telah selesai dilakukan, selanjutnya peserta manasik melakukan lempar jumroh. Peserta manasik melontarkan jumroh aqobah untuk pertama kali sebanyak 7 kali, kemudian dilanjutkan dengan melontarkan jumroh ula sebanyak 7 kali, kemudian yang terakhir melontarkan jumroh wustha sebanyak 7 kali. Peserta manasik haji melanjutkan perjalanan menuju tahalul untuk dicukur rambutnya. Setelah selesai melakukan tahalul peserta manasik melakukan tawaf wadha atau tawaf perpisahan.

Serangkaian kegiatan manasik haji telah selesai dilakukan. Kegiatan manasik haji inipun ditutup dengan doa dan dzikir bersama. Adanya kegiatan manasik haji ini diharapkan mampu untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap agama Islam pada umumnya dan cinta kepada rukun  islam khususnya ibadah haji sesuai dengan tauladan Rosulullah SAW. (Tri Andri Pujiastuti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *