Semangat Kekeluargaan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempererat hubungan antara orang tua dan anak sekaligus dengan orang tua yang lain dalam lingkup sekolah yang sama. Salah satunya kegiatan adalah Family Day. Kegiatan tersebut juga bisa dijadikan sebagai wisata bagi keluarga karena dewasa ini kebanyakan orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka hingga lupa meluangkan waktu untuk anak. Family day bertujuan agar dapat mempererat hubungan antara orang tua dengan orang tua yang lain juga dengan sekolah.

Pada hari Sabtu, 24 Maret 2018 acara yang bertajuk “Ukhuwah Membawa Berkah” ini  digelar di komplek Mako Brimob Watumas. Suasana pagi yang masih dingin terasa begitu hangat saat anak-anak ditemani oleh orang tua dan guru melakukan senam yang sangat digemari, Gemu Fa Mi Re. Setiap kelas tampak kompak membawakan setiap gerakannya. “Melalui kegiatan ini kita diingatkan untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan cara yang menyenangkan. Selain sehat, senam bersama ini juga memuat nilai keakraban yang kental. Setiap kelas berusaha tampil bagus dengan seluruh warga kelasnya,”ungkap Siti Puji Yunianti, selaku Wakil Kepala Sekolah Level 2 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto.

Di tengah lapangan Brimob yang hijau dan sejuk, suara merdu lantunan ayat-ayat suci Al Quran dari siswa-siswi kelas 2 pun membahana menambah sejuknya suasana. Kegaiatan tidak hanya berhenti disitu. Setelah acara pembukaan, beberapa kegiiatan lomba baik individu maupun kelompok sudah menanti. Seperti lomba yel-yel antar kelas. Uniknya, dalam lomba yel-yel ini bukan hanya semangat dan kreatifitasnya saja yang maksimal, namun juga kostum yang dikenakan. Setiap kelas berusaha menampilkan yang terbaik sesuai dengan karakter yang hendak dimunculkan.

Lomba yel yang mengundang begitu banyak aplause dari peserta pun usai. Dilanjutkan dengan lomba meracik soto Banyumas dan merangkai bunga. Lomba meracik soto ini diiikuti oleh para ibu yang sudah sangat siap dengan alat dan bahan disertai berbagai hiasan yang indah. Dalam kegiatan ini, pemandangan yang menyejukkan pun terurai. Tampak para ibu dengan penuh antusias meracik dan bercanda satu sama lain. Kerjasama dan kekompakkan pun menjadi penilaian dalam lomba ini, bukan hanya cita rasa dan penyajian. Uniknya dalam lomba meracik soto ini para peserta bukan hanya membuat untuk dewan juri saja, melainkan juga untuk seluruh anggota kelasnya. Mangkok-mangkok cantik pun ditata untuk kegiatan makan bersama.

Di sisi lain, tampak ayah dan anak tampak khusyu merangkai bunga yang terbuat dari tissue, kawat, dan daun. Uniknya, dalam merangkai bunga ini , sang ayah banyak mendengarkan instruksi dari sang anak. Tampak keakraban pun terjalin antara ayah dan anak.

Acara pengumuman lomba pun menambah semaraknya kegiatan ini. Bagi seluruh peserta, kemenangan menjadi milik bersama karena semuanya hasil dari kerjasama yang diciptkan dengan semangat kekeluargaan antar anggotanya, baik orang tua maupun anak.

“Kami sangat senang dengan kegiatan ini. Anak-anak kami pun senang. Kami melihat kegiatan ini sangat positif karena menambah kedekatan kami dengan anak-anak sekaligus dengan orang tua yang lain. Selama ini masing-masing orang tua sibuk dan melalui kegiatan ini kekeluargaan di anatara kami jadi makin dekat,” ungkap Ibu Listiya, salah satu wali murid. Kegiatan ini akan rutin diadakan oleh SD Al Irsayd Al Islamiyyah 02 Purwokerto sebagai salah satu program sekolah. (Apriadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *