Optimalkan Hapalan Al Quran..

Siswa pada kelas 1 dan 2 berusia sekitar 6 atau 7 tahun yang merupakan usia emas dengan segala kelebihanya. Salah satunya dalam hal menyerap, memahami dan mempelajari lingkungan di sekitarnya, tak terkecuali dalam menghafal Al Quran. Para siswa dengan cepat menghafal beberapa ayat dalam hitungan hari. Namun demikian tak jarang pula muncul rasa jenuh dan bosan ketika pembelajaran. Hal ini tak lepas dari dunia mereka yang lekat dengan dunia bermain. Maka dari itu SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto mnempuh berbagai cara agar siswa nyaman dan senang dalam pembelajaran Al Quran khususnya sesi menghafal atau tahfiz Al Quran. Salah satu upaya yang ditempuh adalah membuat media pembelajaran Al Quran yang menarik bagi siswa, sehingga dengan cepat menghafal beberapa ayat tanpa beban. Bahkan mereka meminta tambahan waktu ketika pembelajaran Al Quran.

Seperti yang tampak pada hari Rabu, 14 Maret 2018 tampak beberapa asyik menghafal beberapa ayat Al Quran. Sang Guru memegang alat peraga berupa karton persegi panjang bertuliskan potongan ayat yang sedang ditalkinkan. Uniknya, dalam karton tersebut juga terdapat gambar-gambar yang disukai oleh anak seperti gambar kendaraan, tumbuh-tumbuhan dan hewan. Yang lebih menggembirakan siswa diberi kesempatan untuk memperagakan alat tersebut dan berperan sebagai Guru bagi kelompoknya.

“Berbagai upaya kita tempuh agar anak-anak kita senang dan cinta dengan Al Quran. Salah satunya melalui pembelajaran Al Quran yang optimal dengan menciptakan media pembelajaran yang sesuai dengan usi anak-anak kita,” ungkap Abdul Qohin, M. Pd. I selaku kepala sekolah.

Tampak di sudut lain siswa tengah asyik mempelajari hukum tajwid. Uniknya, Guru bukan hanya menuliskan di papan tulis saja melainkan menggunakan media pembelajaran yang unik dan menarik.

Program Al Quran merupakan program unggulan dari SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto dalam rangka mencetak generasi Qurani demi kejayaan Islam. (Siti Puji Yunianti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *