Salam Pramuka

Jum’at, 19 Januari 2018, siswa-siswi kelas 4 SD Al-Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto mengikuti latihan pramuka perdana di semester 2. Sebagai sebuah organisasi pandu tingkat dunia, pramuka memang tak jauh dari kesan menyenangkan dan syarat akan kedisiplinan. Begitu juga dengan gerakan pramuka yang diselenggarakan oleh SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Selain bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan, pramuka dikemas sebagai kegiatan yang menyenangkan.

“Melalui kegiatan latihan pramuka rutin ini, Ustadzah harapkan, anak-anakku semua bisa lebih disiplin dalam segala hal, baik disiplin di bidang akademik maupun non-akademik”, tutur Ustadzah Tessari, selaku wakil kepala sekolah level 4 saat memberikan amanat pada apel pembukaan.

Selain untuk melatih kedisiplinan, kegiatan latihan pramuka juga dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan mental siswa-siswi kelas 4 sebelum mengikuti kegiatan Supercamp yang akan diselenggarakan di akhir semester 2. Saat mengikuti kegiatan supercamp, siswa dihadapkan pada kondisi dimana mereka jauh dari orang tua dan sangat menuntut kemandirian serta kedisiplinan. Dengan mengikuti latihan pramuka rutin ini, diharapkan siswa sudah menjadi lebih disiplin dan mandiri sebelum kegiatan supercamp dilaksanakan.

Kegiatan latihan pramuka perdana kali ini diawali dengan apel pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta dan Ayahanda-Bunda pendamping. Seusai apel, siswa nampak begitu antusias dan bergembira mengikuti game dinamika kelompok yang kemudian diikuti dengan pembacaan pembagian barung oleh pendamping. Setelah nama barung dan anggotanya dibacakan, siswa bergegas berkumpul dengan barungnya dan melakukan pemilihan ketua barung. Pendamping memberikan tenggang waktu pada anggota barung agar melakukan pemilihan ketua dalam waktu kurang lebih sepuluh menit. Adanya pembatasan waktu tersebut bertujuan agar siswa mampu beradaptasi dengan tuntutan permasalahan yang dihadapi, sekaligus melatih kedisiplinan siswa terhadap waktu.

Pada latihan pramuka kali ini, siswa diberi materi tentang PBB (Peraturan Baris Berbaris). Saat pendamping barung memberikan contoh aba-aba PBB, pendamping juga menginstruksikan siswa untuk mempraktikkanya secara langsung, sehingga pendamping bisa langsung mengoreksi bilamana ada kekeliruan gerakan. Kemudian, siswa secara bergantian memberikan tiga buah instruksi PBB yang berbeda pada kelompok barungnya. Pada kegiatan tersebut, secara tidak langsung siswa dilatih bagaimana caranya memimpin suatu kelompok, siswa juga dilatih disiplin karena jumlah gerakan yang boleh diberikan dibatasi. Meski demikian, semangat siswa tidak berkurang sampai di akhir kegiatan.

Menjelang berakhirnya waktu latihan, bertepatan dengan masuknya waktu sholat asar, siswa diajak untuk sholat asar berjamaah. Sebagai pramuka islam, disiplin dalam beribadah juga sangat penting untuk ditanamkan. Jika urusan ibadahnya baik, maka urusan lain akan mengikuti.

Oleh: Nur Azijah (Guru SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *