Gerakan Shalat Dhuha

Setelah dua pekan libur semester 1, siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto kembali masuk sekolah dan mengikuti kegiatan reorientasi yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah. Disambut dengan sejuknya udara sekolah, para siswa pun tampak ceria bertemu kembali dengan guru dan teman-temannya. Salah satu pemandangan yang menyejukkan mata adalah para siswa tersebut dengan tertib mengambil air wudhu dan melaksanakan sholat Dhuha di kelasnya. Dengan bimbingan guru, siswa melakukan gerakan sholat dengan benar. Gerakan sholat Dhuha ini bukan hanya untuk kelas atas saja, melainkan juga untuk kelas bawah yanga masih pendampingan penuh dalam melaksanakan sholat. Seperti pada hari ini, Rabu, 3 Januari 2018, siswa melaksanakan sholat dhuha di kelas.

Uniknya, siswa SD Al Irsyad 02 ini melaksanakan dengan penuh keceriaan dan tanpa beban. Suasana sekolah yang telah ditinggalkan untuk beberapa waktu ini menimbukan rasa rindu tersendiri bagi siswa. Melaksanakan sholat dengan teman-teman pun menjadi hal yang dinanti oleh mereka.

Pelaksanaan sholat dhuha secara rutin memang menjadi salah satu kegiatan unggulan yang berjalan di sekolah. “Dengan sholat dhuha, anak-anak kita bekali dengan hal positif sebelum meereka mengikuti pelajaran di kelas masing-masing. “ujar Ustaz Abdul Qohin, M.Pd.I selaku Kepala Sekolah. Setelah sholat dhuha siswa juga diberi motivasi untuk selalu bersemangat dalam menuntut ilmu.

Selain sholat dhuha, siswa juga di murojaah kembali hafalan Al Quran yang telah dikuasainya. Kegiatan murojaah ini pun menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan di sekolah. Setiap semester, sekolah membuat target untuk peserta didiknya. “Sebagai sekolah Islam unggulan kita senantiasa menonjolkan kegiatan-kegaiatan keagamaan,” tambah Ustaz Abdul Qohin.

Selama masa reorientasi ini pun budaya sekolah yang memuat begitu banyak nilai-nilai Islami kembali digalakkan. Antara lain makan dan minum sesuai adab Islam, mengucap salam, berdoa pagi dan petang, wudhu, dan sholat. (Siti Puji Yunianti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *