Menumbuhkan Percaya Diri

kreatifitas

Hari Sabtu, 2 Desember 2017 menjadi hari yang sangat ditunggu oleh siswa-siswa level 2 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Pasalnya pada hari itu mereka akan menampilkan berbagai kreativitas dalam gerak dan lagu yang sudah mereka siapkan beberapa hari belakangan. Siswa-siswa level 2 sangat antusias dalam menyambut acara ini. Hal ini terlihat dari sejak pagi hari mereka sudah sangat sibuk menyiapkan property dan kostum yang akan digunakan untuk tampil di atas panggung.

Setiap kelas mendapat giliran mempersembahkan 2 penampilan yang telah dibagi sesuai dengan materi yang ada di pembelajaran level 2 selama satu semester ini. Antara lain pembelajaran Tematik, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa dan Bahasa Arab. Beberapa mata pelajaran tersebut dikreasikan sedemikian rupa sesuai dengan materi masing-masing kelas sehingga menjadi suatu karya penampilan yang indah.

“Berbagai macam kegiatan perlu dilakukan dalam rangka menumbuh kembangkan kreativitas dan rasa percaya diri peserta didik. Adanya kegiatan Big Asembelly dengan tema “Growing Creativity anda Self Confidence” ini diharapkan segala bentuk kreativitas siswa dapat tersalurkan dengan baik. Lebih dari itu, kegiatan ini bertujuan memberikan kesan yang mendalam dan pengalaman nyata dalam diri siswa. Kegiatan big assembelly ini diambil berdasarkan materi yang ada di level 2 semester 1, antara lain Tematik (tema 1-4), Bahasa Jawa (tata krama dan cekakan), Bahasa Inggris (grettings, food and drink, and animals), Bahasa Arab (pekerjaan dan pakaian). Jadi kegiatan Big Assembelly ini tak hanya sekedar penampilan biasa saja, melainkan memberikan Feed back terhadap materi yang selama ini dipelajari di semester 1,” ungkap Siti Puji Yunianti, wakil Kepala Sekolah Level 2.

Kegaiatan diawali dengan dzikir pagi dilanjutkan dengan tahfidz surat Al Muzamil yang dibawakan oleh perwakilan siswa level 2. Selanjutnya acara dibuka oleh Ustadzah Puji selaku Wakil Kepala Sekolah Level 2 yang kemudian dilanjutkan dengan senam yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi level 2. Senam sehat bertujuan untuk membangkitkan semangat siswa-siswi level 2. Acara dilanjutkan dengan penampilan perkelas sesuai dengan nomor urut yang telah didapatkan. Satu persatu kelas mempersembahkan penampilan yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Persembahan yang ditampilkan ada yang bernuansa islami, tradisional bahkan gaya modern. Ada penampilan yang dilakukan dengan berdialog, drama, menyanyi, dan menari yang semakin membuat acara Big Assembelly makin meriah.

Setelah persembahan masing-masing kelas selesai dilakukan, seluruh siswa-siswi level 2 secara bersama menyanyikan lagu Tanah Airku. Tujuan dari dinyanyikannya lagu ini adalah untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme pada diri anak. Sebelum acara ditutup seluruh siswa diwajibkan untuk membersihkan daerah sekitar panggung agar kembali bersih seperti semula. Acara kemudian ditutup dengan dzkir petang yang dibimbing oleh Ustadzah Siti Badingah.

Melalui acara Big Assembelly ini diharapkan jiwa kreativitas siswa-siswi level 2 makin tumbuh dan rasa percaya diri yang dimiliki makin berkembang. Acara ini diharapkan juga memberikan pengalaman yang nyata dan Feed Back yang baik terhadap materi-materi yang telah diajarkan di semeseter 1 ini (Tri Andri Pujiastuti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *