Membangun Tim SOLID

tim solid

Hari Sabtu tanggal 25 November 2017 menjadi hari yang begitu special bagi segenap manajemen, guru, dan karyawan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Pasalnya, setelah selesai mengajar, bukan rapat pekanan saja yang dilaksanakan tetapi juga digelar kegiatan refreshing.

Meskipun bertempat di sekolah, kegiatan ini berisikan berbagai perlombaan yang cukup menguras energy tetapi sarat dengan nilai-nilai kekompakan, kebersamaan, kerjasama, dan atur strategi.
Dimulai dengan motivasi dari kepala sekolah, ustaz Abdul Qohin, M.Pd.I yang memberikan motivasi sekaligus pembukaan. Yel-yel antar level pun digaungkan sebagai pemanasan sebelum perombaan.

Setelah itu tanpa berlama-lama lomba pertama pun dilaksanakan, yaitu hajar aswad. Permaianan ini sudah tak asing lagi karena sering dilaksakan. Namun begitu tetap saja rasa deg-degan menyerang. Suasana tampak senyap, karena permainan ini memerlukan konsentrasi yang penuh, keuletan dan kerjasama. Setiap kelompok membawa satu kain dan satu gelas air mineral yang diletakkan di atas kain. Lalu dibawa dengan catatan jangan sampai gelas tersebut
tumpah. Masing-masing peserta menunjukkan keunggulannya dalam menjaga air di atas kain sehingga tidak sampai tumpah.

Setelah muncul grup tercepat, teriakan takbir pun menggema. Permainan ini menyiratkan agar seluruh civitas akademika di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto senantiasa bersatupadu dalam membawa visi dan misi  sekolah. Saling bergandengan tangan dalm menjaga nama baik sekolah dan mencapai tujuan sekolah. Lalu dilanjutkan dengan lomba berikutnya yaitu lempar bola dan memasukkan ke dalam keranjang. Tampak ringan, namun ternyata setelah dilaksanakan cukup mengundang tawa. Unikny, para pesert lomba tampak gemas karena
kesulitan memasukkan bola sebanyak banyaknya. Hal ini untuk mengingat kembali pentingnya ketelitian dan keterampilan dalam kita melaksakanan amanah.
Puas dengan permainan yang dilaksanakan, sesi berikutnya adalah makan bersama dengan menu yang nikmat. Karena rasa lapar yang sudah mendera, maka makan pun terasa nikmat. Ungkapan syukur pun terucap dari asatidzah.
Kegiatan refreshing ini memang dilaksakan sebagai salah satu upaya untuk merefresh kembali para guru dan karyawan setelah berkutat dengan berbagai aktivitas di sekolah. Selain refreshing, kegiatan ini untuk memupuk kembali rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan rasa memiliki. Selain itu, tujuan yang berikutnya adalah untuk meningkatkan kinerja manajemen, guru, dan karyawan. Dengan adanya kegiatan semacam ini diharapkan kinerja meningkat dan rasa kebersamaan pun terus terjalin dengan erat. “Mudah-mudahan kita bisa rutin
melaksanakannya.

Salah satu manfaat dari kegiatan ini adalah membentuk tim buiding yang solid. Semua harus merasa bahwa kita adalah bagian dari sekolah ini, maka semua harus bahu membahu dalam meningkatkan sekolah kita, “tandas ustaz Abdul Qohin, M.Pd.I selaku kepala sekolah.

Kegiatan hari Sabtu ini pun makin syahdu dengan pelaksanaan sholat Duhur secara berjamaah. Usai sholat, pengumuman pemenang dan pembagaian hadiah pun dilaksanakan. Uniknya, setelah itu ada perebutan doorprize dengan pertanyaan-pertanyaan yang sangat surprise bagi seluruh peserta. Berbagai doorprise pun diserahkan kepada peserta yang menjawab dengn benar. Keceriaan dan semangat hari itu pun ditutup degan doa dan
bersalaman. (Siti Puji Yunianti)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *