Generasi Muda yang Kaffah Islami dan Nasionalis

Oleh  : Yuli Ariyati, S.Pd.

   Sabtu, 28 Oktober 2017, Masjid Fatimatuzzahra dipenuhi oleh anak-anak level V SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Diiringi dengan rintik hujan, anak-anak bersemangat menuju Masjid Fatimatuzzahra dengan mengenakan seragam pramukanya. Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, level V mengadakan kegiatan sehari bersama Al-Quran yang dikemas dengan konsep pramuka.

   Kegiatan dibuka dengan murojaah, dilanjutkan dengan dinamika kelompok. Dinamika kelompok ini dimaksudkan supaya anak-anak saling membaur dengan teman-temannya. “Kegiatan sehari bersama Al-Quran dikonsep secara pramuka bertujuan membentuk agar anak lebih disiplin dan menumbuhkan rasa nasionalis dengan berpedoman pada Al-Quran,” jelas Ustadzah Dwi selaku waka level V SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto.

  Kegiatan selanjutnya yaitu game. Game ini dibuat menjadi 5 pos. Pos 1 yaitu pos Dasa Darma dan Tri Satya. Pos 2, pos sambung ayat. Pos 3 yaitu pos tebak nama surat. Pos 4, pos menyebutkan jumlah surat dan pos 5 adalah pos terjemahan ayat surat pendek. Setiap masuk pos, masing-masing kelompok harus bisa menyebutkan paswordnya. Password yaitu hafalan surat Al-Haqqah yang merupakan target hafalan anak-anak level V.

  Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan berusaha menjadi kelompok yang terbaik. Dengan kegiatan ini, jiwa kompetisi anak-anak juga mulai terpupuk. Semoga dengan diadakan kegiatan sehari bersama Al-Quran dapat membentuk generasi muda yang kaffah secara islami dan nasionalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *