Belajar Wayang …

Suasana sejuk menyelimuti SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat kelas tiga untuk belajar bersama di halaman sekolah tercinta. Hari Selasa, 14 November 2017 menjadi hari yang sangat ditunggu oleh kelas tiga. Seluruh siswa duduk dengan rapi sesuai kelasnya. Kehangatan pun tercipta saat Nicky Ahmad, salah satu siswa kelas tiga maju ditemani oleh guru untuk membawakan sebuah kisah. Uniknya, siswa tersebut tampak membawa wayang, salah satu seni tradisional Jawa Tengah. Dengan media tersebut, Nicky mengisahkan tokoh Bagong dan Petruk.

Anak-anak tampak sangat antusias melihat wayang yang dibawa oleh siswa tersebut dan tak sabar menunggu kisah yang akan dibawakan. Dengan penuh percaya diri, ia memperkenalkan tokoh-tokoh yang akan dibawakannya. Beberapa siswa tampak mengajukan pertanyaan seputar wayang tersebut. Dengan penuh kesabaran guru pun menjawab satu demi satu pertanyaan siswa. Setelah diberi wawasan tentang wayang, kisah pun dimulai.

Tepuk tangan dan gelak tawa pun membahana seiring dengan terurainya kisah Si Bagong dan Si Petruk. Bukan hanya kisah biasa, ternyata melalui kisah yang dibawakan banyak nilai-nilai moral yang disampaikan. Tokoh Bagong digambarkan sebagai sosok yang terbuka, apa adanya, suka bercanda, dan senang bersaudara. Sedangkan tokoh Petruk sosok yang sakti.

Dalam dialog mereka, Bagong diingatkan ketika membeli jajan sembarangan. Petruk pun mengingatkan tentang bahaya makan berlebihan serta bahaya membeli jajan sembarangan. Banyaknya bahaya yang mengintai dari membeli makanan sembarangan serta pentingnya menjaga kebersihan menjadi pesan utama dari kisah yang disampaikan.

Hal ini senada dengan program ketahanan sekolah tentang pentingnya menjaga kesehatan peserta didik dari mengkonsumsi makanan sembarangan. Seperti yang diungkapkan oleh ustaz Abdul Qohin, M.Pd.I,”Alhamdulilah melalui kegiatan ini, siswa kita ingatkan kembali tentang bahaya membeli makanan sembarangan dengan cara yang menyenangkan yaitu melalui media wayang. Wayang adalah salah satu seni tradisional khas Jawa Tengah. Jadi kita kenalkan kepada siswa sekaligus disajikan kisah yang menguatkan pesan-pesan tentang budaya hidup bersih dan sehat melalui konsumsi makanan yang bersih,” ungkapnya.

SD Al Irsyad 02 sebagai sekolah favorite di Purwokerto senantiasa berinovasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Selain penampilan wayang, tampil juga beberapa siswa yang menyampaikan nasihat-nasihat tentang akhlak dalam kehidupan sehari-hari. (Siti Puji Yunianti)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *