Belajar Ketangkasan di Baturraden

SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto mengadakan kegiatan istimewa yang dikhususkan untuk kelas percontohan Al Quran mulai dari kelas tiga sampai kelas enam. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan, ketangkasan, kerjasama antar siswa, serta menunjukkan kepada siswa akan ligkungan yang sebenarnya, sehingga siswa mendapatkan pengetahuan dan dan pengalaman langsung di lapangan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 November 2017 dan diikuti oleh seluruh siswa percontohan yang berjumlah 83 anak didampingi oleh dewan guru dan manajemen.

Ustaz Abdul Qohin selaku Kepala Sekolah menjelaskan,”Selain bertujuan untuk mengasah ketangkasan siswa, kami juga ingin syiar Islam kepada masyarakat.” ungkapnya. Selama ini SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto juga telah menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah dasar lainnya, baik dari SD Al Irsyad luar kota maupun swasta lainnya. Dengan banyaknya kunjungan ke SD Al Irsyad 02 juga menjadi motivasi tersendiri bagi pihak sekolah untuk terus berbenah diri menjadi yang terdepan.

Lokawisata Baturraden dipilih sebagai tempat untuk pembelajaran kali ini. Baturraden dipilih karena udaranya yang sejuk, pemandangannya yang indah, serta sebagai apresiasi rasa bangga akan tempat wisata nasional di Banyumas. Sebelum kegiatan dimulai, para siswa secara mandiri membentuk kelompok-kelompok dengan batasan jumlah yang sudah ditentukan oleh guru. Suasana yang sejuk membuat pembagian kelompok ini terasa sangat menyenangkan. Sebelum menjelajahi berbagai macam kegiatan, seluruh siswa dipandu oleh guru melantunkan ayat-ayat suci Alquran ditambah dengan motivasi dari kepala sekolah.

Setelah mengecek kelengkapan kelompok, kegiatan pertama adalah uji kekompakkan. Pada sesi ini para siswa melaluinya dengan penuh semangat. Setiap kelompok diuji kemampuannya dalam baris berbaris dan membuat yel-yel kelompok. Dari kegiatan ini sudah mulai terlihat ketangkasan siswa dalam mendengarkan aba-aba, menyelaraskan gerakan, serta bentuk kerjasama dengan timnya. Harapannya melalui kegiatan ini siswa mulai tertempa kemampuannya ketika terjun ke masyarakat mereka bisa beradaptasi dengan baik dan mampu menjadi pribadi yang mudah bergotong royong serta menghargai pendapat orang lain.

Kegiatan selanjutnya adalah bermain ketangkasan yang dipraktekkan dengan haling rintang yang dilengkapi dengan tali raffia dan holahop. Dalam permainan ini siswa sedapat mungkin bisa melindungi diri dari menyentuh holahop. Diperlukan kerja fisik dan ketelitian yang ekstra agar dapat menaklukkan permainan ini. Berlokasi di dekat pendopo, para siswa belajar menjadi pribadi yang tangkas, tegar dengan cobaan, tangguh terhadap ujian, cermat dalam menentukan strategi, dan semangat pantang menyerah dalam menghadapi manis pahitnya kehidupan.

Selanjutnya siswa berhenti dan mengatur sikap duduknya. Siswa memurojaah kembali quran surah yang telah dihafalnya. Suasana menjadi lebih rileks saat siswa bermain sambung ayat yang dipandu oleh guru. Tak lupa siswa pun menghayati betul isi dari kegiatan ini. Seperti apapun kehidupan yang dijalani kelak, Alquran sebagai pedomannya. Beberapa siswa tampak menitikkan air mata, saat melantunkan ayat suci Al Quran. Pada pembelajaran Al Quran yang sudah berjalan, setiap pekan siswa ditarget untuk menyelesaikan hafalan Al qurannya. Di sisi lain, program Al Quran merupakan program unggulan di SD Al Irsyad 02 yang senantiasa melahirkan hafiz hafizah yang kelak di masa depan akan menjadi kebanggaan agama Islam.

Ternyata kegiatan tidak berhenti sampai di situ. Siswa kembali uji ketangkasan dengan bermain bola di water boom. Pada sesi ini siswa harus memenuhi tantangan dengan mengumpulkan bola di kolam renang sebanyak-banyaknya. Ditengah dinginnya air pegunungan,  siswa belajar tentang bagaimana menjaga semangat agar terus menyala-nyala dalam meraih semua impian. Siswa terlatih menggunakan waktu yang sebaik-baiknya agar semua kegiatan bernilai ibadah dan mengumpulkan pahala yang sebanyak-banyaknya. Kegiatan istimewa hari ini ditutup dengan menikmati indahnya pemandangan Baturraden yang terletak di kaki gunung Slamet yang tampak menjulang tinggi. Para siswa mengucap syukur atas karunia dari Allah SWT. (Siti Puji Yunianti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *