Big Troop in a Small World

DSC02195 Pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017, siswa kelas 3 SD Al Irsyad 02 Purwokerto melaksanakan kegiatan outdoor study mengunjungi Small World. Perjalanan kali ini sesuai dengan pembelajaran tema 3 yaitu bunga Sakura, Tulip, iklim, dan cuaca. Sebelum berangkat ke tempat tujuan, siswa berdo’a di dalam kelas masing-masing. Kemudian siswa berangkat ke Small World pukul 7.30.

DSC02173 Setelah menempuh perjalanan kira-kira 20 menit, mereka sampai di tempat tujuan. Sebelum masuk, siswa diberi pengarahan kegiatan oleh Wakil Kepala Sekolah Level 3, Ustadz Tri Setiadi, M.Pd.I. Selain pengarahan, ustadz Tri juga mengingatkan siswa agar menjaga kebersihan dan kenyamanan selama di Small World. Setelah berfoto, laksana pasukan berbaju hijau, anak-anak level 3 SD Al Irsyad 02 menyeruak masuk ke dalam Small World. Di dalam Small World, siswa diminta untuk mengerjakan worksheet tentang beberapa keajaiban dunia dengan permainan “find me”. Dalam permainan ini, 1 kelas di bagi menjadi 2 kelompok yaitu Putra dan Putri.

Siswa mencari miniatur dari soal yang diberikan. Lalu mereka mendengarkan penjelasan ustadzah mengenai iDSC02180nformasi tentang miniatur tersebut. Selain belajar mengenai beberapa situs terkenal di dunia, siswa juga belajar tentang cuaca, iklim, dan bunga sesuai materi tema 3 yang sedang mereka pelajari. Setelah selesai berkeliling sambil mengerjakn worksheet, siswa dipersilahkan untuk istirahat di sebuah aula terbuka. Setelah itu, mereka memasuki sesi acara penutupan dan do’a pulang yang langsung di pandu oleh Ustadz Tri. Dengan mengunjungi Smal World,  siswa telah belajar mengenai materi pelajaran dengan situasi dunia nyata mereka.

Outdoor study kali ini bukan hanya sekedar berjalan-jalan melihat miniatur dunia, tetapi juga menerapkan sistem pembelajaran contextual learning yaitu menyampaikan materi dengan terjun langsung ke dunia nyata. Untuk tema kali ini, siswa belajar mengenai iklim dan cuaca. Contohnya siswa melihat langsung replika bunga-bunga yang ada di iklim sub tropis seperti sakura dan tulip” kata Ustadz Tri. Setelah pentutupan, siswa diajak berkeliling Small World sejenak sebelum akhirnya mereka pulang.

“Setelah kegiatan ini selesai, harapannya siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan di kelas khususnya tentang iklim dan cuaca yang ada di dunia” lanjut Ustadz Tri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *